Olahraga Kuda Loncat Rintangan (Show Jumping) Mahal, Kata Siapa?

Show Jumping

Olahraga ketangkasan dalam berkuda sangat minim informasi, tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui cabang olahraga yang satu ini. Bahkan olahraga berkuda sudah mendapatkan cap sebagai salah satu olahraga yang mahal, sehingga untuk mendalami olahraga ini membutuhkan modal yang besar. Padahal olahraga ini tidak membutuhkan biaya yang sangat besar seperti yang di cap oleh masyarakat. Untuk menghilangkan stigma masyarakat tersebut, para pegiat olahraga ini menyebarkan informasi terkait cabang olahraga ini. Diharapkan agar masyarakat mengetahui dan paham bahwa tidak butuh modal besar jika tertarik untuk mencoba olahraga ini. Tidak menutup kemungkinan jika anda ingin mencobanya, karena setiap orang dari setiap kalangan dapat mencobanya.

Mungkin julukan olahraga berkuda sebagai olahraga para bangsawan masih melekat hingga sekarang sehingga tidak banyak masyarakat yang berani untuk mencoba olahraga berkuda seperti salah satunya adalah show jumping. Memang pada jaman dahulu, khususnya saat jaman kerajaan, berkuda merupakan kegiatan yang lebih sering dilakukan oleh para bangsawan di Eropa. Di Indonesia sendiri berkuda juga dianggap sebagai sebuah simbol kemegahan. Karena pada jaman dahulu kuda merupakan kendaraan mewah yang tidak bisa dimiliki oleh rakyat biasa. Biasanya para penguasa pada jaman dahulu di Indonesia menggunakan kuda sebagai sarana berolahraga dan juga untuk berperang. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, berkuda sudah tidak digunakan untuk berperang lagi, namun stigma berkuda sebagai olahraga yang mahal masih melekat dengan kuat.

Padahal untuk menekuni bidang olahraga show jumping atau kuda loncat rintangan anda tidak perlu memiliki kuda sendiri. Apabila anda tergabung dalam suatu klub atau tempat berlatih berkuda anda hanya perlu membayar biaya bulanan saja seperti ketika anda pergi ke gym. Untuk tarifnya berbeda-beda tergantung dari masing-masing tempat. Anda dan juga anggota tidak perlu khawatir karena harganya beraneka ragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tentunya yang berbeda dari harga tersebut adalah fasilitas yang anda dapatkan. Jika ingin fasilitas yang lengkap dan bagus, anda harus rela untuk merogoh kocek lebih dalam. Namun apabila anda memilih paket yang murah, tentunya anda tidak bisa menuntuk banyak, seperti kata orang-orang “ada harga, ada rupa”.

Bahkan jika anda ketahui, tidak semua atlet show jumping memiliki kuda pribadi, karena memang kuda harganya tidaklah murah. Namun bukan berarti anda tidak bisa berolahraga jika tidak memiliki kuda. Tak jarang para atlet menggunakan kuda dari sponsor maupun kuda dari klub mereka masing-masing untuk berlatih dan juga bertanding. Jadi jangan takut, anda tetap bisa berkuda tanpa perlu memiliki kuda sendiri. Saat ini pun sudah ada aplikasi yang bisa anda unduh di PlayStore jika anda ingin mengetahui tempat-tempat dimana anda bisa berlatih kuda tanpa perlu memiliki kuda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *