Keseruan Kuda Loncat Rintangan Sea Games

Keseruan Kuda Loncat Rintangan

Sebagai ajang pesta olahraga di tingkat Asia Tenggara yang diadakan rutin setiap dua tahun sekali memang melibatkan berbagai jenis olahraga yang tentunya sangat seru untuk diikuti. Bahkan tidak hanya ragam jenis olahraga untuk para atlet saja, Sea Games juga memberikan ruang untuk adu ketangkasan dengan menggunakan partner lain seperti misalnya kuda. Ya, disini olahraga yang mengikuti sertakan kuda juga menjadi salah satu yang dikompetisikan. Dimana jenis olahraga ini dikenal dengan sebutan Kuda Loncat.

Bukan saja sang atlet yang menjadi poin atau aspek penilaian dalam ajang sea games, akan tetapi partner maupun media yang digunakan juga menjadi aspek lain yang menambah poin penilaian. Hal ini tentu saja dimaksudkan untuk melihat bagaimana atlet mengendalikan media maupun partner yang bersama melakukan kompetisi. Sama halnya dengan Kuda Loncat yang dimana jenis olahraga ini tidak hanya melihat bagaimana kemampuan atlet dalam mengendalikan kuda. Akan tetapi jenis olahraga ini juga melihat bagaimana kemampuan dari kuda dan juga bagaimana ketangkasannya dalam melewati setiap rintangan yang ada. Kompetisi berkuda ini dilakukan untuk melihat bagaimana kerangkasan pada atlet dan juga kudanyadaalm melakukan berbagai rintangan salah satunya ialah rintangan show jumping. Akan tetapi bukan hanya itu saja, kompetisi satu ini juga dilakukan untuk melihat bagaimana disiplin ketahanan atau endurance dari para atlet bersama dengan kuda yang ditungganginya.

Tentu saja untuk mengikuti kompetisi satu ini, setiap negara harus bisa memiliki kuda terbaik untuk dikompetisikan. Karena kuda yang kurang memenuhi spesifikasi tidak akan masuk dalam ajang ini. Tidak hanya itu saja, kuda yang menolak untuk melewati setiap rintangan lompat kuda dalam ketentuan yang berlaku juga dianggap telah terdiskualifikasi dari kompetisi. Hal ini tentu saja dimaksudkan agar kompetisi satu ini bisa berjalan dengan adil dan kompetitif. Memang tak bisa dipungkiri bahwa kompetisi loncat kuda ini termasuk kompetisi yang sulit dan berat. Karena kompetisi ini tidak hanya menilai dan melihat kemampuan atlet saja akan tetapi juga menggabungkan penilaian dengan kondisi serta ketangkasan kuda sebagai partner yang ikut serta dalam kompetisi ini. Meskipun demikian bukan berarti kompetisi ini tidak bisa ditaklukan. Selama para atlet terus melakukan latihan dan persiapan yang matang maka bukan tidak mungkin para atlet akan mampu memenangkan kompetisi ini. Hal ini bahkan dibuktikan dengan atlet kuda loncat dari indonesia yang berhasil membawa pula dua emas pada Sea Games yang diadakan di tahun 2017 lalu. Pastinya ini adalah sebuah kabar yang menggembirakan bukan?

Umumnya pada jenis kompetisi Sea Games satu ini, para atlet tidak hanya menyediakan satu kuda saja akan teapi juga menyiapkan kuda cadangan untuk berjaga-jaga apabila ada kondisi yang tidak sesuai dengan rencana. Dan seperti halnya jenis kompetisi lain dalam Sea Games, kompetisi loncat kuda ini juga bisa dilakukan baik secara sendiri maupun beregu atau dalam sebuah tim. Akan tetapi memang dalam kompetisi Sea Games tahun lalu, Indonesia hanya mengikuti dua kompetisi saja yaitu show jumping atau kuda loncat dan juga dressage baik untuk kompetisi perorangan maupun kompetisi beregu. Dan dengan pencapaian yang telah didapat tahun lalu, baik pelatih kuda loncat maupun para atlet berusaha untuk bisa tampil secara all out atau maksimal untuk kompetisi serupa di tahun yang akan datang termasuk pada kompetisi Sea Games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *