Jenis-jenis Olahraga Kuda di Dunia

Jenis-jenis Olahraga Kuda di Dunia

Olahraga kuda loncat tiang merupakan salah satu olahraga yang mulai popular, bahkan olahraga ini sudah masuk ke dalam cabang Sea Games. Berkuda menjadi salah satu aktifitas yang sudah ada sejak zaman dahulu, awalnya kuda dijadikan sebagai hewan untuk tunggangan dan bisa dikonsumsi. Hingga selanjutnya kuda dijadikan sebagai binatang yang dicintai oleh bangsawan. Dizaman modern ini kuda tidak hanya digunakan sebagai hewan peliharaan dan tunggangan saja, namun juga dijadikan sebagai cabang olahraga. Atlit dibina berdasarkan minat, keterampilan dan kesungguhanya. Untuk jenis kuda yang dijadikan sebagai olahraga biasanya memilih bibit yang bagus baik dari dalam negeri maupun dari lluar negeri. Untuk atlit berkuda tidak dibatasi oleh usia, jenis kalamin, dan kondisi mental atau emosi. Dengan adanya balap kuda ini maka anggapan bahwa kuda dijadikan sebagai budak yang bisa digunakan sesuka hati bisa disingkirkan. Tetapi kuda adalah binatang yang harus dihargai dan diperlakukan selayaknya teman
.
Ada banyak jenis olahraga kuda yang harus anda ketahui, di antaranya adalah Polo berkuda, Tent Pegging, Gymkhana, Berburu, perlombaan kereta berkuda, Equestrian dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis olahraga berkuda yang bisa anda ketahui :

1. Polo Berkuda
Adalah olahraga yang sudah ada sejak 525 sebelum Masehi yang ada di Timur Tengah. Olahraga Polo ini berada di negeri Parsi. Di tahun 1850 olahraga ini digemari oleh pengusaha perkebunan teh yang ada di Assam. Pada tahun 1883 olahraga ini dikenalkan di Amerika, dan sekarang Negara Argentina menjadi Negara yang unggul dalam pertandingan ini.

2. Gymkhana berkuda
Merupakan permainan berkuda yang dilakukan oleh penunggang remaja. Penunggang akan melewati dan mengitari rintangan dengan kecepatan yang tinggi.

3. Equestrian
Adalah olahraga berkuda yang menilai ketangkasan berkuda. Untuk mencapai kemenangan olahraga ini harus ada hubungan yang baik antara kuda dan atlitnya. Mereka harus memiliki komunikasi yang baik, disiplin dan saling perhatian satu sama lain. Untuk olahraga Equestrian terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah tunggang serasi atau Dressage, kuda dilatih dengan gerakan-gerakan rumit dengan gerakan perintah dari tangan, kaki dan lainnya. Ada juga jenis lompat rintangan. Ada banyak program latihan dan membutuhkan konsentrasi berfikir dan juga strategi. Selanjutnya ada juga Trilomba, yaitu pertandingan kombinasi mengandalkan pengalaman penunggang dan semua nomor berkuda. Untuk perhitungan dalam Trilomba dilakukan dengan system penalty points. Selanjutnya adalah endurance, yaitu kompetisi melawan guna menguji kecepatan dan kemampuan pada ketahanan kuda.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba olahraga kuda maka bisa belajar secara langsung di tempat pacuan kuda yang tersebar di Indonesia, untuk anda yang tinggal di Jakarta juga ada banyak tempat pacuan kuda yang bisa anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *