Aturan Dalam Perlombaan Kuda Loncat Rintangan

Aturan Dalam Perlombaan Kuda Loncat Rintangan

Perlombaan cabang olah raga kuda loncat rintangan merupakan salah satu jenis cabang olah raga pacuan kuda yang mana keberadaannya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda sampai dengan sekarang. pada zaman Belanda, dulu kuda dijadikan sebagai pengganti kerbau untuk membajak sawah oleh para petani. selain itu, kuda juga difungsikan sebagai alat transportasi yang banyak dikenal dengan istilah delman. keberadaan kuda semakin pesat saat para prajurit Belanda secara rutin selalu mengadakan lomba kuda loncat rintangan yang digelar di kavelari di Cimahi Jawa Barat yang saat ini sudah termasuk dan dijdikan dalam wilayah Bandung. sejak saat itu, lomba pacuan kuda khususnya dengan jenis kuda loncat rintangan banyak dikenal dan menjadi popular pada saat itu. lomba tersebut pun jun juga telah ada aturan dalam permainanya yang sesuai standart prsedur atau yang biasa disebut dengan SOP (Standart Operasional Prosedur). lalu apa saja aturan yang berlaku dalam perlombaan kuda loncat rintangan? daripada penasaran, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Aturan Dalam Perlombaan Kuda Loncat RintanganAturan dalam perlombaan kuda loncat rintangan diantaranya adalah untuk panjang lintasannya panjang lintasan dalam lomba kuda loncat rintangan adalah minimal yang seharusnya dilewati oleh kuda dan para penunggangnya yakni 150 meter dan dengan panjang maksimal 1200 meter. sedangkan untuk alas arena yang sesuai dengan stadart dan aturan yang berlaku adalah 90 meter x 45 meter dengan alas lintasan yakni berupa pasir atau padang rumput. tintangannya pun juga sudah diatur esuai dengan standart dan prosedur yang berlaku. pada umumnya, jenis-jenis rintangan yang harus dilalui yakni berupa lintangan lompat tinggi, rintangan lompat jauh yang menggenangi air yang telah disediakan, rintangan lompat tinggi serta lompat jauh, dan masih banyak lagi. pada masing-masing rintangan akan diberi nomor sebagai urutan agar para peserta tidak merasa kebingungan. sedangkan untuk arah melompat, diberikan tanda dua bendera yang dipasang pada masing-masing lintasan. sebelah kanan merah dan di sebelah kiri adalah putih.

inilah sedikit ulasan mengenai aturan dalam perlombaan kuda loncat rintangan yang harus anda lalui. semoga bermanfaat ?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *